Manfaat menulis Bisnis Plan..???

Bisnis Plan merupakan suatu hal yang ladzim dipahami oleh orang yang memiliki latar belakang di bidang ekonomi. Namun dalam penulisannya, Bisnis Plan tidak lah harus ditulis oleh orang dari latar belakang ilmu ekonomi saja karena penyususan bisnis plan sangatlah mudah dibuat bergantung kepada kreatifitas dan pemahaman seseorang dalam melihat suatu bisnis.
Namun bagi orang awam tentu akan menanyakan beberapa hal seperi apa sih manfaat kita menulis bisnis plan..?? bagaimana menulisnya dengan baik dan benar..?? (itu pendapat saya ketika pertama kali berhadapan dengan bisnis plan.. hehehe) Mungkin saya akan mencoba menjabarkan berdasarkan pengalaman yang saya alami selama ini. Bisnis Plan secara harfiah adalah suatu dokumen tertulis yang menggambarkan secara sistematis suatu bisnis/usaha yang diusulkan. Jadi suatu bisnis plan yang baik adalah suatu dokumen tertulis yang menggambarkan suatu bisnis selengkap mungkin dan sekreatif mungkin agar si pembaca benar-benar memahami dan tertarik dalam bisnis yang anda utarakan baik si pembaca adalah investor, juri, dosen, teman maupun audiency yang anda tuju.

Lalu sebenernya apa sih manfaat yang akan kita dapatkan kalau membuat bisnis plan,,? Disini saya akan curhat mengenai manfaatnya berdasarkan pengalaman banyak sekali yang saya dapatkan diantaranya :

1. Meraih Prestasi, sebagai pelajar maupun mahasiswa dengan memahami bisnis plan banyak prestasi yang akan didapatkan karena banyak diselenggarakannya kompetisi penyususan bisnis plan tingkat pelajar maupun mahasiswa di tingkat Lokal, National maupun International. Dalam setahun terdapat puluhan lomba bisnis plan yang bisa anda ikuti semakin banyak bukan kesempatan anda untuk berprestasi..?? πŸ˜›

2. Panduan Berwirausaha, dalam menjalankan suatu usaha yang baik tentunya diperlukan tahapan-tahapan yang jelas dalam pelaksanaannya agar berjalan teratur dengan sebagaimana mestinya. Dengan membuat Bisnis Plan atas usaha yang akan anda buat anda akan memiliki buku panduan dalam berwirausaha yang akan menuntun anda dalam menjalankan bisnis anda setahap demi tahap dan mampu mengevaluasi atas usaha anda dari segi keuangan, pemasaran, operasi maupun SDM apakah sudah berjalan sesuai target maupun berjalan seefisien mungkin antara rencana dengan realita. Meskipun dalam beberapa karakteristik wirausaha secara radikal enggan banyak berpikir dalam membuat suatu usaha dan emnuangkan nyaa dalam rencana bisnis karena mereka ingin langsung action dalam berwirausaha. Apapun pendapat anda mengenai bisnis plan dalam panduan berwirausaha bergantung kepada pola pikir dan kebiasaan anda. πŸ™‚

3. Pendanaan Usaha, dengan adanya bisnis plan seorang wirausaha yang memiliki keterbatasan modal maupun ingin mengembangkan usahanya dapat mengatasi ini dengan mudah karena kita bisa mengajukan pengajuan dana atau pun pengembangan usaha kepada calon investor baik individu maupun institusi (perbankan, perusahaan-perusahaan yang memiliki CSR dibidang entrepreneurship, dll) dengan bisnis plan kita karena dengan bisnis plan calon investor bisa meyakinkan diri mereka terhadap usaha anda bila diberikan penjelasan yang secara terperinci tentang usaha anda sehingga mereka bisa menganalisis tingkat resiko maupun keuntunga yang akan mereka dapatkan bila memberikan kucuran dana. Banyak sekali loh perusahaan-perusahaan maupun institusi yang membantu pengembangan kewirausahaan seperti Wirausaha muda mandiri, Shell LiveWire, Program Mahasiswa Wirausaha, PKMK, Bisnis Plan Menegpora, dll. Berbagai institusi tersebut membiayai rutin program pengembangan kewirausahaan, sehingga anda dapat mengatasi problem di awal tersebut, tentunya bisa anda ikuti jikalau anda memiliki bisnis plan karena bisnis plan merupakan syarat utama mereka dalam menilai kelayakan usaha anda.. selamat mencoba kawan..!! πŸ˜€

4. Tugas Kuliah Manajemen, kebetulan tanpa disengaja saya kuliah mengambil program studi manajemen..hehe .. banyak sekali mata kuliah yang berkaitan dengan penyususan bisnis plan diantaranya Pengantar Bisnis, Kewirausahaan, Studi Kelayakan Bisnis jadi dengan memahami penulisan yang baik dan benar saya mampu mendapatkan nilai optimal dalam matakuliah tersebut.. hehehe lumayan nambah IPK.. ^_^

5. Berkreasi & Aktualisasi Diri, saya yang memiliki mimpi menjadi Pengusaha Sukses kelak bisa mulai mencicil dalam mewujudkan impian saya dengan berkreasi mendeskripsikan terhadap ide-ide usaha yang memiliki prospek kedepannya kedalam penulisan bisnis plan agar ide-ide tersebut tidak hilang dikemudian hari sebab ide itu mahal loh.. πŸ™‚ dan saya bisa bebas mengaktualisasikan diri terhadap ilmu-ilmu yang saya dapatkan dalam menyusun sebuah ide. Berekspresi diri tidak mesti dalam bentuk visual kita ( pakaian, ekspresi wajah, dll.) saya bisa mengekspresikan diri dan kreatifitas saya dalam keunikan ide.. hehehe apakah anda juga begitu..?? diferrent people has different way.. B)

6. Konsultan Bisnis, pengalaman saya dalam membuat bisnis plan membuat temen-teman dan orang disekitar saya bertanya dalam pembuatan bisnis plan / bisnis karena dalam menyusun bisnis plan kita memerlukan penguasaan dalam konsep bisnis dalam 4 fungsi bisnis yaitu keuangan, operasi, sdm, dan pemasaran. Penguasaan yang tepat, anda bisa menganalisis kelayakan dan dapat memberikan solusi terhadap bisnis tersebut. alhamdulillah dan bersyukur kepada orang yang mempercayai saya untuk berkonsultasi karena pada hakikat nya saya juga masih belajar dalam menyusun bisnis plan yang baik dan benar.

7. Kesempatan Berkarir di Perusahaan Besar, yang saya alami, banyak sekali perusahaan asing maupun multinational yang membuka program recruitment dini dalam berbagai kompetisi Bisnis Game ataupun menyertakan test masuk dalam menyusun bisnis plan. Dan bila anda mampu menguasai dalam penyusunan bisnis plan yang baik membuka peluang besar dalam anda bergabung dengan perusahaan tersebut. Beberapa contoh nya Danone yang menyelenggarakan Trust by Danone International Business Plan Competition, P&G, Mc Kinsey, maupun perusahaan lainnya.

Sebenarnya banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan dalam menulis bisnis plan, mungkin anda yang pernah menulis bisnis plan bisa mendapatkan pengalaman lain yang bisa dishare disini karena tiap orang memiliki background dan kondisi yang berbeda-beda. ^_^ ataupun yang belum pernah mendapatkannya anda bisa mulai mencoba menulis bisnis plan sekarang juga dan bisa meceritakan sendiri manfaat yang anda dapatkan kelak.Β  Begitu banyak nya manfaat yang didapatkan sungguh sayang bila tidak memulai dari sekarang juga.!! Let’s try and see what will you get..?? B)

Comments
2 Responses to “Manfaat menulis Bisnis Plan..???”
  1. pranowo berkata:

    bagaimana pasarnya

    ikutan dong (0274) 693 2552

Tinggalkan komentar